Masa Orientasi Santri Baru

annawawiberjan.or.id, Berjan - Kemarin Malam, Jum'at (07/07) seluruh Santri Baru berkumpul di Masjid Jami' Shiddieq Zarkasyi. Masjid yang berdiri megah di bagian Utara Pesantren. Selain digunakan untuk rutinitas Berjamaah para Santri, Masjid ini juga sering kali dijadikan Lokasi untuk Aktifitas lainya seperti Kegiatan "MOSIBA" Masa Orientasi Santri Baru yang sudah dilaksanakan pada Kemarin Malam, Jum'at (07/07), Sampai Minggu (09/07), Kegiatan ini Bertujuan untuk Mengenalkan Santri Baru pada Sistem Pendidikan yang sudah sejak dulu diberlakukan di Pondok Pesantren An Nawawi Berjan Purworejo.

Alhamdulillah Jumlah Santri Baru tahun ini mencapai angka 389 Santri, terbanyak dibanding tahun-tahun kemarin. Malam itu mereka yang masih dalam taraf mencoba beradaptasi dengan lingkungan pendidikan baru, dikenalkan dan diberi pengarahan bahwa Pondok Pesantren An Nawawi sangat menekankan pendidikan yang berdasar pada Akhlaqul Karimah, etika yang baik. Karena para Masyayikh memandang bahwa kemampuan beretika yang paripurnalah bekal terbaik untuk berkehidupan nan harmonis di masyarakat kelak.

Apalagi, prilaku sosial bangsa Indonesia saat ini berada pada level yang mengkhawatirkan. Keresahan para tokoh bangsa atas fenomena kemerosotan moral ini bertebaran di berbagai media. “Akhlak adalah modal utama yang harus ditularkan oleh santri-santri An Nawawi pada masyarakat sekitarnya. Kita sabarkan hati kita untuk tetap berjihad dalam menyempurnakan akhlak, yang sudah dikawal oleh Rasulullah SAW, sejak dahulu,” tegas Bapak Rifa'i, S.Sy., Ketua Panitia Penerimaan Santri Baru 2017.