Bismillahirrahmanirrahim ~

Alhamdulillah, Kali ini saya ingin ngeShare keterangan dari Al-Mukarrom Romo KH. Achmad Chalwani Nawawi dalam  #NgajiAhadPagi tadi.
Mungkin langsung saja, Berikut point penting yang ingin saya share :

1) Dalam Kitab Jurumiyyah ada sebuah contoh:
زيد في الدار
Yang kalo diartikan kitab زيد utawi zaid, iku في الدار ingdalem omah.

Sedangkan kalo diartikan asli makna, زيد utawi tambahan, iku في الدار ingndalem omah.
Jadi, penambahan itu ada di rumah. Tambah akrabnya dengan keluarga, tambah dekat dengan Allah. Maka walaupun di rumah kita sehabis sholat jangan berhenti berdoa, berdzikir, dan wiridan.

2) Al-Arif Billah Al-Mursyid Wal Kholifah Thoriqoti As-Syadziliyyah Simbah KH. Achmad Abdul Haq Dalhar dulu Tausiyah/ memberi pesan:
Orang yang sholat tapi tidak membaca wiridan itu bagaikan kapal tanpa muatan, sholatnya sulit untuk tuma'ninah.

3) Dalam kitab An-Nujum Az-Zahiroh Li Salik Thariqi Al-Akhirah, Habib Ahmad Masyhur Bin Thoha Al-Hadad mengatakan:

إذا أهمّكم أمر فاقرؤوا البسملة (١٩ مرة) بعدد حروفها، لأنّ سرّ القرأن في الفاتحة، وسرّ الفاتحة في البسملة، وسرّ البسملة في الباء، وهذا قد جرّبته.
Ketika kamu mempunyai kepentingan yang sangat besar, maka bacalah Bismillahirrahmanirrahim 19x (ini untuk meminta apa aja bisa) karna rahasia Al-Qur'an ada pada surat Al-Fatihah, dan rahasia surat Al-Fatihah ada pada Basmallah, dan rahasia Basmallah ada pada huruf ب -nya lafal Bismillahirrahmanirrahim. Dan hal ini saya sudah mencobanya, dan dikabulkan oleh Allah SWT.

4) Ada Syair dari Syech Abdul Qodir Al-Jailani dalam kitab An-Nujum Az-Zahiroh Li Salik Thariqi Al-Akhirah, Karangan Habib Zein Bin Ibrahim Bin Smith, yang kalo kita baca sehari (25x) ini untuk memudahkan rezeki.

ممّا جرّب لتيسير الرّزق، تكرار هذا البيت كل يوم (٢٥ مرة):

Lafal Sya'irnya sebagai berikut :
وَهَبْ لِيَ يَا وَهَّابُ عِلْمًا وَ حِكْمَةً
وَلِلرِّزْقِ يَا رَزَّاقُ كُنْ لِي مُسَهِّلا

5) Supaya setiap hari tidak sepi dari rezeki, Al-Arif Billah As-Syech Dalhar Bin Abdurrohman Watucongol, Muntilan, Magelang. Beliau menyusun Kitab "Tanwirul Ma'ali", Mbah Dalhar mengatakan:
"Barangsiapa menjelang waktu maghrib mau membaca Surat Al-Falaq (7x) tiap-tiap hari tidak pernah sepi dari rezeki.

6) Untuk para santri-santri An-Nawawi yang di rumah, Beliau Al-Mukarrom berpesan:
Semampunya tolong untuk perbanyak membaca Al-Qur'an, membaca Sholawat, dan juga untuk tetap belajar. Doa-doa dalam kitab Majmu' Syarif itu penting, kalian baca Doa Kanzul Ars, Doa Akasah, Doa Nurbuwat, baca Yasiin, Baca Al-Waqi'ah, baca Al-Mulk itu juga penting.

7) Dalam pengajian tadi Beliau Al-Mukarrom juga berdoa, semoga yang mengikuti pengajiannya ini dimudahkan segala urusannya, dikabulkan keinginannya, dan dihindarkan dari wabah Tho'un, Corona, dan lainnya.

Mungkin hanya itu dulu yang bisa saya Share, apabila ada kekurangan dan kesalahan kata mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jika ada yang point atau keterangan yang salah maupun kurang mohon dibenarkan, dan ditambahkan. 🙏

Monggo ingkang badhe ngeshare, mugi saged dilampahi kanti ISTIQOMAH.
Dan Semoga Tulisan ini bermanfaat 🙏
_______________
Pengajian rutin Ahad Pagi
Oleh: KH. Achmad Chalwani Al-Qodiri
(12 April 2020 M - 18 Sya'ban 1441 H)